Home > Roda Empat, Troubleshooting > Dimano Extra Fan Ngadat

Dimano Extra Fan Ngadat

 

1 Pekan yang lalu mumun sumeng lagi pas lagi anter nyonya ke kantor, di depan kantornya tau2 kok RPM idle di bawah 800 Rpm dan AC kerasa panas, trus bunyi cetak cetok dari kap mesin, liat indikator temperatur udah naik di atas, yah udah matiin buka kap mesin, tungguin 15 menit biar agak ademan, buka pelan2 tutup radiator untuk cek air radiator, pas di buka air radiator masih penuh, cek tabung air cadangan juga masih ada, coba kontak lagi untuk memastikan apakah extra fun (kipas radiator) menyala, ternyata menyala dan indikator temperatur kembali normal.

Ya udah jalan lah ke kantor sambil memantau terus indokator temperatur takut2 naik lagi, tapi sampe kantor aman2 aja. Sorenya jemput nyonya deh, di tengah kemacetan di jalan angkasa dan posisi di tengah kejala yg tadi pagi kembali terulang dan temperatur naik lagi, waduhhh gawat neh…, matiin mesin nyalakan lampu Hazzard untuk memberikan pengguna mobil lain, kontak tetep nyala tapi mesin gak nyala utk memastikan kipas jalan, tenyata kipas gak jalan dan klakson berbunyi, ya udah di paksaain sedikit utk jalan dan minggir untuk dilakukan pemeriksaan kembali. Udah minggir buka lagi kap mesin dan bener kipas gak jalan, tlp teman2 untuk tanya solusinya, dapet penanganan saat urgent yaitu dengan menggetok getok dinamo extra funnya bisa pake obeng ataupun kunci lainnya, tapi jangan kencang2 juga getoknya, ntar malah rusak dan menurut pakarnya biar kotoran dan kerak didinamo rontok dan tidak menghambat kipas memutar.

Udah di getok, kontak dan nyalain mesin, berputar lah itu kipas extra fun dan di sarankan untuk tidak menyalakan AC biar beban extra fun tidak berat. Cara ini hanya untuk sementara dan kipas pun juga jalan utk sementara dan sudah di pastikan tidak menyalanya/jalannya extra fun tersebut di akibatkan karena “Carbon Brush” yang sudah menipis ataupun sudah habis.

Besoknya bawa deh ke bengkel dinamo untuk dilakukan pengecekan, dan bener aja Carbon Brush nya udah tipis ditambah lagi memang kotor banget itu dinamo karena kikisan carbon brush tersebut numpuk di dalem. ya udah sekalian aja di service itu dinamo. Udah di sevice tokcer lagi extra fun, tapi dalam setahun kedepan kudu nabung buat beli dinamo extra fun, karena melihat bagian tembaganya sudah banyak kemakan/kekikis.

Proses pengerjaan cuma memakan waktu 60 menit dengan biaya 150 rb. Saran ane sih bagi yg udah lama gak di service atau pun baru beli mumun second, mending service extra fun dan sekalian juga service radiator dan sekalian juga alternator juga, jadi sekalian pengerjaannya karena semua komponen tersbut bisa di kerjakan oleh bengkel Dinamo, dan kudu juga selektif dalam memilih bengkel dinamo, karena salah2 malah jadi ga bener. Kalo ane punya langganan ada di Jl. Pasar Minggu Km. 19, Akong Dinamo nama bengkelnya, nah nanti akan ane ulas tersendiri tentang bengkel tersebut.

 Oya untuk Carbon Brush adalah nama lain dari Arang, dan biasa orang2 lebih familiar dengan sebutan arang.

*Orang kalo sumeng dikasih obat, mumun sumeng kudu di service*

  1. hanz
    30 May 2012 at 13:23

    Wah sama persis nih problemnya…..!!! Tp hari ini saya langsung aj beli baru…klo ga salah sekitar 550 rbu…kira mahal ato murah yah….? Biar anak n istri klo dlm mobil nyaman…..

    Thanz buat infonya ternyata bener kata org bengkelnya carbon brushnya yg aus ato abis…..!!

    Thx
    Regard
    Hanz

  2. dedi
    20 June 2012 at 12:47

    kalau extra fan-nya ngak mau mati, walaupun mesin telah dimatikan, kenapa ya?

  3. 20 June 2012 at 14:18

    Tapi begitu kunci di copot matikan om extra fan nya…!

    kalo misalkan betul seperti itu, berarti suhu di mesin masih perlu pendinginan, di tunggu aja om nanti akan mati sendiri saat suhu di mesin sudah sesuai.

  4. dedi
    20 June 2012 at 17:57

    kuncinya dicopotpun extra fan masih hidup Bro
    curiganya relay rusak (Relay Denso 057800-400), solusinya saat ini hanya cabut relay biarkan, kemudian pasang lagi.
    Mau coba ganti relay seharga Rp183ribu, tapi inden dulu ke Jakarta
    ada pengalaman lain ngak Bro?

  5. 22 June 2012 at 08:13

    Mungkin bisa dari relaynya juga om, tapi bisa juga dari swith nya. coba aja di urut dulu om dari extra fan nya sampe ke relay dan ke swith nya (posisi Swith dekat Termostat). Mudah2 an bisa sembuh om. Semoga cepet sembuh om.

  6. 30 March 2014 at 00:36

    Heya! I just wanted to ask if you ever have any issues with hackers?

    My last blog (wordpress) was hacked and I ended up losing several weeks of hard work due to no back up.

    Do you have any solutions to protect against hackers?

  7. anto
    5 December 2014 at 18:28

    carbon brush itu dah tipis, kalau digetok contact bentar mati lagi, beli aja di bengkel motor juga ada, murah itu cuma 10 rebu, ganti sendiri gampang kok.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: