Home > Roda Empat, Troubleshooting > Belajar Setting Karimun

Belajar Setting Karimun

 

Minggu kemarin ketemuan sama salah satu suhu untuk urusan oprek2 Karimun, yang memang sebelumnya sudah janjian untuk minta diajarin setting karimun. Lokasi praktek numpang di tempatnya om Albert yaitu juragan Kota Mas Knalpot (KMK) di bilangan pecenongan. Mungkin bingung juga kan apa yang di setting, nah ane akan share neh ilmu yang kemarin ane dapet melingkupi setting Pengapian (Delco) dan setting Karburator.

Sampe lokasi udah ada  om Yan yang juga ikut dalam pelajaran setting menyetting. Untuk alat2nya simple kok, cukup sediakan kunci 10, kunci 12, obeng +/-, kunci belimbing, dan tang. Dimulai dengan membuka kap mesin (itu sih sudah pasti yak, hehehe), keliatan tuh jeroan mesin karimun, bisa dilihat ada Air Filter yang berwarna hitam letaknya di paling atas, tepat di atas kaburator dan lepas Air Filter tersebut dengan menggunakan kunci 10 dan tang. Sesudah di lepas kelihatan deh karburatornya yang belakangan ane tahu bahwa karburator yg dipakai menggunakan 2 jarum skep dalam 1 karburator.

Penyetelan pertama adalah penyetelan Timing di sudut 8-10 derajat bagi mobil yang masih menggunakan koil Standar dan 10-12 derajat bagi yang sudah upgrade pengapian, tool  yang digunakan adalah kunci belimbing dan alat ukur penyetelan derajat, nah untuk alat yg 1 ini ane gak punya, jadi untuk penyetelannya menggunakan feeling. Seperti apa feeling nya, nah penyetelan menggunakan feeling tersebut adalah dengan cara sedikit demi sedikit di geser derajatnya sambil di gas dan dengarkan suara mesin sampai dimana kondisi mesin tidak terdengar menggelitik dan suara tarikan mesin ringan, tidak terdengar seperti ngorok. Disini ane juga ganti baut Delconya yg awalnya baut belimbing menjadi baut bisa dengan ukuran kepala baut 12, M8, dan panjang 14.

Sudah dapet setelan timing kita beralih ke Karburator, ada beberapa titik yang yang harus di stel. Yang pertama penyetelan campuran angin dan udara dengan memutar baut setelan yang berada di belakang karburator agak menyelinap tapi bisa di rogoh dengan tangan (Lihat Gambar) dengan kondisi suhu mesin normal. baut setelan diputar  searah jarum atau sebaliknya sampai didapat rpm tertinggi dari penyetelan tersebut. Sudah dapet setelannya, bila ingin lebih enak tarikannnya dgn konsekuensi bensin akan sedikit lebih banyak neguknya bisa di tambah kan 1/4 putaran ke arah berlawanan arah jarum jam (posisi kita dari kap mesin).

Penyetelan campuran angin dan besin sudah di dapat, nah sekerang setting Idle tanpa beban. Posisi baut penyetelan ada di posisi atas, jadi mudah dilihat dan di jangkau (Lihat gambar). Setel idle tanpa beban  di RPM 800 – 850 rpm.

Setel Idle Tanpa Beban sudah, sekarang penyetelan Idle AC, yaitu kondisi AC menyala. Posisi baut penyetelan ada dua posisinya, yang pertama ada di bawah (baut besar )dan yang kedua ada di atas (baut kecil), gunakan baut yg dibawah dulu untuk penyetelan, bila tidak ada perubahan gunakan baut kecil yang di atas (lihat gambar). Setel di posisi RPM 900.

Terakhir adalah penyetelan Idle kelistrikan yaitu dengan kondisi lampu utama menyala. Posisi baut mudah di jangkau ada di atas dan terlihat (lihat gambar). Setel idle kelistrikan di posisi RPM 850.

Sudah tersetting semua tinggal coba deh dibawa jalan, bilamana masih terasa kurang srek bisa mencoba untuk mensetting kembali dan namanya juga baru belajar, blom begitu dapet settingan nya itu wajar, tapi dengan semakin banyak mencoba kita akan lebih tahu banyak dan mendapatkan yang pas untuk setelannya. Oya tidak lupa mengucapkan terima kasih untuk om Hung Tjoen yang udah ngajarin.

*Selamat Mencoba*

  1. ScooterMan512
    14 May 2011 at 21:36

    salam karimun om…

  2. arnawa
    7 December 2011 at 15:43

    mantap gan…sangat membantu,jadi gak perlu ke bengkel…maju trus!!!

  3. syahril
    16 April 2013 at 22:04

    ikut nyimak.. alhmdullilah nambah ilmu..

  4. joko
    10 May 2013 at 19:46

    wka ka ka ka, makanya karimun sama jimny di setop produksinya, bisa bangkrut jaringan beresnya !

  5. 18 May 2013 at 09:53

    Thank you a lot for sharing this with all folks you actually understand what
    you’re speaking about! Bookmarked. Please also discuss with my site =). We may have a link alternate agreement among us

  6. 5 June 2013 at 04:29

    These are truly impressive ideas in concerning blogging.

    You have touched some fastidious points here.

    Any way keep up wrinting.

  7. pengkung
    8 July 2013 at 19:08

    Terima kasih atas bagi2 ilmunya

  8. muna
    19 July 2013 at 21:08

    tks om ilmunya…klo ada share lg om

  9. ahmadpaoji@yahoo.com
    8 August 2014 at 10:55

    Numpang nanya om yang baik, ko habis tune up masih ngebul knalpotnya hitam , ky ga bener ya

  10. ahmadpaoji@yahoo.com
    8 August 2014 at 10:55

    Enaknya gimana nich

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: