Home > Roda Dua, Troubleshooting > Troubleshooting – Ukuran Ban KudaBesiPutih Kebesaran…

Troubleshooting – Ukuran Ban KudaBesiPutih Kebesaran…

2 bulan yang lalu Si putih udah waktunya untuk ganti ban belakang, krn udah hampir dua tahun ban sebelumnya yg berlabelkan “Yo*o” dengan ukuran 100/70/17 – Tubelees, ini ban ane inget ganti pas mau touring ke Lombok September 2008 dan sudah mulai halus juga da hilang itu profile bannya. Nah kebetulan dapet limpahan ban dari Adik ane yg pake CS1, dengan ukuran 100/70/17 -Tubelees dengan label “Co**a”, dengan asumsi ukuran ban sama jadi tinggal plek aja di pelek Cast Wheel (Racing) pabrikan (Enkei).

Pada saat mau dipasang baru ketahuan, ternyata untuk profilenya ban “Co**a lebih besar, hasilnya kudu bengkokin besi penunjang tromol belakang tapi tenang aja lebar arm masih cukup, jadi tidak perlu di apain itu armnya. Nah karena profilenya yg lebih besar dari sebelumya, itu ban agak susah dalam pemasanagn, terutama pada saat akan di isi angin, karena profile yg besar tersebut membuat bibir ban susah menyatu dengan bibir velk pabrikan yg notabene lebar velk pabrikan tidak begitu lebar. Setalah hampir 1 jam dan di akalin dengan menaburi oli di sepanjang bibir ban dan velk, akhirnya keisi juga anginnya, jadi deh Si putih dengan ban besar dan membuat jadi lebih tinggi belakangnya.

Sebulan sudah terpasang itu ban, pada suatu malam terjadi sebuah masalah, tau2 anginnya habis (kempes), di coba di bawa ke tukang tambal ban untuk diisi anginnya ternyata gak ngisi2 anginnya, sampe beberapa tukang tambal ban ane datengin sambil dorong di putih dan enggak ada yg bisa juga, akhirnya ambil keputusan dipakein ban dalem deh itu ban karena udah cape dorong si putih kesana kesini, hehehe…

Jadi skr mending di pakein ban dalem terus deh, sampe nanti ganti ban lagi dan cari ukuran yg agak kecilan dan dapet pelajaran juga bahwa gak semena mena untuk masukin ukuran besar ban ke velk, mungkin awalnya bisa terpasang  tapi ada resiko kedepannya, jadi lebih baik yg wajar2 saja ukuran bannya, dan kalo mau ganti ban besar harus di tunjang dengan velk yg besar, kayak si Hitam tiger yg memakai ban ukuran 160/60-17 dengan di tunjang velk limbah Aprillia RS.

*Love Pedestrian*

  1. uikjoss
    14 February 2011 at 06:55

    Betul juga… walau pun aku masih pengin ganti ban yang setingkat lebih besar ukuran dengan yang kupakai sekarang.

  2. 14 February 2011 at 08:14

    Wah mending ganti peleknya sekalian bro, beberapa tmn sih pake velk aftermarket, ada yg model jari2, ada juga yg udah palang, kalo gak salah yg palang dengan tapak lebar merknya RGV.

  3. 18 February 2011 at 15:48

    wah….gk jadi tubeless lgi donk

    http://extraordinaryperson.wordpress.com/

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: