Ritual Bersih2 Munce, Bongkar Karpet Dasar

15 April 2014 1 comment

Baru sempet posting bersih2 karpet dasar neh, padahal udah hampir 1 tahun yg lalu bersih2nya. Ini salah 1 ritual yang dilakukan dari beberapa yg harus dilakukan saat meminang mobil second, seperti bersihin Ac dan interior, mengingat kita tidak tahu yang menggunakan sebelumnya terkhir kapan membersihkannya.

Memang kalu dilihat cukup berat juga pengerjaan nya, harus melepas semua jok dan lain2 nya, akan tetapi kalo di kerjakan tidak begitu berat kok. utk melepas kan jok depan cuma 5 baut utk jok kanan dan 4 baut untuk jok kiri, dan membuka boks persneling cuma 2 baut dan boks rem tangan tidak memakai baut cuma klip aja. Cukup itu saja sudah tercopot bagian depan tinggal keluarin aja.

Buka Jok Depan - kudabesiputih

Untuk jok belakang tidak perlu semua baut di buka hanya baut di bagian depan aja tiap jok ada 4 buah baut, dan setelah telepas semua bautnya, tinggal di angkat dan di kaitkan pake tali.

Buka Jok Belakang - kudabesiputih

Selanjutnya tinggal buka cover2 yang ada di sebelah2nya, sudah terlepas semua tinggal anggakt deh karept dasarnya dan di bawah karpet dasar terdata peredam dan diangkat juga dan silahkan lihat hasil ternaknya, dipastikan dapet temuan kecoa kecil2 atau pun minimal ada semuanya, hehehehe…

Lepas Karpet Dasar - kudabesiputih

Oya kalo ane sebelumnya siapkan pembasmi serangga, biar begitu nemu langsung semprot aja jadi gak sempat ngumpet lagi mereka. Semport bagian2 yg bolong yang mungkin jadi tempat persembuyian mereka juga.

Begitu semua sudah di angkat, silahkan melakukan ritual bersih2, bisa di siram pake air tapi hati2 banyak kabel, bisa juga dengan di lap2 aja, tergantung kotornya bagaimana. nah sudah bersih bagian dek bawah, ane pakein kapur ajaib yg buat serangga, goreskan di seluruh bagian dek abwah biar gak jaid sarang serangga lagi.

Lepas Karpet Dasar 2 - kudabesiputih

Untuk karpet dasar boleh di jemur aja biar bau apek nya hilang atau pin bisa di cuci juga kalau memang masih banyak waktudan mm nya gak utk di pake dulu, nah utk peredam cukup di jemur aja, soalnya kalo di cuci butuh waktu hampir 2 minggu biar bener2 kering, soalnya tebal bener. Sambil menunggu di jemur, bisa dilakukan melanjutkan bersih2 dek dan bagian2 lain sekalian membereskan kabel2 yg ada di bawah dek.

Sudah besih dan rapi silahkan dipasang lagi peredam sama karpet dasar, gaka akan salah kok, soalnya peredam dan karpet dasar udah berbentuk sesuai dengan dek, tinggal plek aja dan kemudian pasang kembali joknya, jadi deh seperti semula dan rasakan urdaranya di dalam kabin Mumun anda, dan dipastikan lebih segar dari sebelumnya.

Oya ritual ini ane lakukan dalam waktu 3 jam, gak memakan waktu lama kok, jadi tinggal niat nya aja neh, demi kelurga dan kenyamanan saat berkendara.

*Yukk Bersih-bersih*

Categories:Roda Empat

Pasang Bushing Teflon dan Ganti Plunger, Ngilangin Penyakit Klutuk2 Pada Karimun Kotak

11 April 2014 2 comments

Salah 1 penyakit dari karimun Kotak adalah kaki2 yg klutuk2 walau sudah ganti part kaki2 sepeti arm, tierod, balljoint dan lain2. Nah kalo part kaki2 udah diganti juga, 1 lagi yg kudu di pasang dan di ganti, yaitu ganti Plunger dan tambahkan Bushing di as roda nya.

seperti apa sih bentuknya, nehhh bisa dilihat bentuknya pada pict di bawah ini :

Plunger n Bushing

Plunger aslinya dari pabrikan memang berbahan plastik, di sarankan diganti dengan jenis part yg sama yaitu plastik juga jadi beli yg Ori utk plunger. Ada kasus plunger di ganti dengan bahan alumunium dan tembaga, memang kuat sihh dan klutukan hilang, tapi akibatnya fatal bila sudah aus, krn yg akan kena gak plungernya saja, tetapi as rodanya juga kena gerus, hasilnya yahhh jadi harus ganti sama as rodanya.

Bushing, ini part tambahanyang diletakkan pada as roda, nahhh ini nehh kuncinya untuk menghilangkan bunyi klutuk2. Bushing ini dibuat dari bahan teflon, sejenis plastik tapi lebih tahan dan kuat, dan tentunya tidak akan mempengaruhi part lainnnya.

Nah dimana posisi peletakan plunger dan bushing, mereka ada di posisi as Roda dalem, di gambar bisa dilihat disitu lah mereka menempatkan posisinya.

Letak Plunger n Bushing - kudabesiputih

Nah di sarankan untuk pemasanagn bushing n plunger ke bengkel yang memang specialis kaki, soalnya untuk pemasangan bushing agak rumit krn harus mencopot as roda dalam.

*Udah gak klutukan lagi pake bushing*

Categories:Uncategorized

Munce Ganti Sepatu 2 – Velg Oem Suzuki Splash

7 January 2013 7 comments

Velg Oem Suzuki Splash

Well, hampir 1 tahun nyari sepatunya Suzuki Splash akhirnya nemu juga, ada agan di Garut yang jual, kontak si agan Garut nego harga dan deal akhirnya kirim lah itu velg Splash ke Jakarta, kira2 seminggu sampe. Wuihhhh Masih mulus banget…. gak pake lama besoknya ganti lah sepatu munce yang sebelumnya pake velg oem Jazz Vtech model jari2. Lanjut…

Categories:Uncategorized

Munce Ganti Sepatu 1 – Velg Oem Jazz V-tech

4 September 2012 Leave a comment

Ini kali pertama munce ganti sepatu dimana pada tahun 2011 di bulan desember kalo gak salah inget kisaran tgl 20 an menjelang Natalan. Menurut info dari para sesepuh Mumun, untuk Mumun ukuran yang paling besar yang masuk ke mumun adalah Ring 15″, nah mulai lah cari velg ring 15″ dengan asumsi bahwa kalo model replika ataupun yg beredar di pasaran kurang kuat maka jatuhlah pada velg oem mobil lain, dengan asumsi juga bahwa velg oem sudah pasti teruji oleh Pabrikan. Cari2 info velg OEM ring 15″ mana aja yg bisa Plug n Play dapetlah beberapa pilihan yaitu Jazz V-Tech, Swift Palang 6, swift CBU (Palang 5),  Splash, City, Freed. Lanjut…

Categories:Uncategorized

Embelm Wagon R+

20 July 2012 1 comment

Akhirnya datang juga dari Jepang…. Emblem Wagon R+ yang mana ini adalah nama dari sebuah mobil kecil di Jepang yang di Indonesia disebut Suzuki Karimun.

Bentuk dan rupa pleg sama dengan karimun kotak di indonesia, cuma yang berbeda adalah mesinnya. Nah kalo di Indonesia menggunakan mesin dengan kode F10 sama dengan yang digunakan oleh Suzuki Carry dan Katana, sedangkan di Jepang sana pake kode K10 yang mana beberapa type sudah mengaplikasikan turbo dan bertransmisi matic. Sayang mesin tersebut tidak masuk ke Indonesia, tapi gak perlu berkecil hati, dengan mesin yang sekarang ini juga sudah terbukti kuat dan handal kok, malahan kalo di templokin komporan2 yang ada di jual di K3 (Komunitas Karimun Kaskus) dan sedikit sentuhan dari sepuh2 di K3, di jamin makin cinta sama Karimunnya, hehehe….

 

*Munce pake embelm Wagon R+ Sekarang*

Categories:Uncategorized

Peringan Kopling _ Karimun Kotak

20 June 2012 7 comments

Well salah satu permasalahan di karimun Kotak adalah kopling yang agak berat yang mana bisa membuat betis gede sebelah (lebay mode on), tapi gak perlu kuatir karena sudah ada solusinya yaitu part optional “Peringan Kopling” dan pemasangannya pun mudah, bisa di lakukan sendiri di rumah, berikut ane jabarkan cara pemasangannya. Lanjut…

Categories:Uncategorized

Ganti Lampu Sein Samping Kepunyaan Karimun GX

25 January 2012 51 comments

Perbedaan lampu sein samping Mumun Dx dengan GX adalah dari bentuknya dan warnanya. Bisa dilihat punya Karimun DX menonjol keluar posisinya dan berwarna Kuning mikanya, sedangkan kepunyaan Karimun GX berbentuk Pipih (Flat Body) dan berwarna putih mikanya. Secara penampilan jadi kayak mobil2 sekarang, dengan mika putih dan sinar yg di keluarkan tetap kuning. Tapi ada kelemahan sedikit dengan Sein samping nya Karimun GX, begitu bohlam putus  tidak bisa di ganti bohlamnya saja,  jadi harus beli sama rumah2nya. Lanjut…

Categories:Roda Empat Tags: , , ,